16 October 2017

Yang Harus Dilakukan Sebelum Mengetik di Microsoft Word

Kebanyakan dari kita mengabaikan atau memang tidak peduli tentang kerapian tata letak naskah dokumen yang kita ketikkan pada program microsoft word. Atau mungkin kita terlalu fokus mengenai isi konten yang harus diketik ke dalam sebuah lembar kerja word sehingga mengabaikan estetika keindahan dan kerapian hasil dari pengetikan naskah dokumen tersebut pada microsoft word.

Ada suatu contoh kasus dimana ketika kita memulai mengetik sebuah naskah dokumen (proposal, surat, dll) lalu memformatnya dan akhirnya selesai, lalu tiba-tiba kita tersentak bahwa kita lupa merencanakan dokumen tersebut apakah akan dicetak ? menggunakan kertas apa nantinya ? atau dijilidkah ? semua harus kita persiapkan diawal jangan sampai semua hal tersebut kita lakukan diakhir pekerjaan. Karena jika kita lakukan maka hasil format yang sudah kita buat sebelumnya akan menjadi kacau dan rusak karena perubahan ukuran kertas atau margin kertas.

Oleh karena itu, hal yang harus diperhatikan sebelum memulai mengetik di microsoft word adalah

  1. Mengatur Margin, Margin adalah jarak kosong dari tepi kertas ke area pengetikan naskah paragraf. Untuk lebih jelasnya silahkan pelajari Cara Mengatur Margin pada Microsoft Word.
  2. Mengatur Ukuran Kertas, secara umum ukuran kertas yang banyak digunakan di Indonesia adalah ukuran A4 dan F4 (Folio). Untuk lebih detailnya silahkan klik Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Microsoft Word

Sekarang kita sudah memahami pentingnya mengatur Margin dan Ukuran kertas sebelum memulai mengetikkan naskah dokumen pada mcrosoft word.

No comments:

Post a Comment