04 October 2017

Cara Mudah Membuat Daftar Nomor Urut Otomatis pada Excel

Selamat pagi kawan, kali ini saya akan bahas tentang tips dan trik Office Excel seputar bagaimana membuat nomer urut secara otomatis. Misalnya kita mempunyai sebuah daftar absensi siswa, lalu kita akan beri nomor urut dalam daftar tersebut, dengan membuatnya secara otomatis, tanpa harus mengetik manual nomornya satu-satu.

Caranya cukup mudah, ada 2 cara yaitu :

Cara Pertama
Kita ketikkan pada cell yang akan diberi nomor, misal 1, kemudian kita ketikkan angka 2 pada cell dibawahnya. lalu kedua cell yang berisi angka 1 dan 2 kita blok, lalu mouse kita arahkan ke titik hitam di pojok kanan bawah dari area blok, klik tahan, tarik ke bawah sampai berapa nomer yang dibutuhkan, lalu lepas. Jika masih bingung, coba perhatikan video di bawah ini :




Cara Kedua
Anda cukup ketikan angka 1 pada cell yang akan diberi nomor, lalu blog cell yang berisi angka 1 tersebut, kemudian arahkan mouse pada titik hitam di pojok kanan bawah dari cell tersebut, klik tahan dan tarik sampai berapa nomor yang kita butuhkan. Namun angka yang kita tarik masih berangka 1, untuk merubahnya menjadi angka nomor berurutan, maka klik kotak menu option di paling bawah dari hasil tarikan tadi. lalu akan muncul menu pilihan, lalu pilih "fill series", maka seketika semua angka 1 tadi akan berubah menjadi angka nomor yang urut. Untuk lebih memahami, dilahkan simak video di bawah ini :


Bagaimana kawan ? sangat mudah bukan, silahkan Anda praktekkan cara mudah dan simpel untuk bagaimana cara membuat daftar nomor urut secara otomatis di microsoft excel. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat, terima kasih.

No comments:

Post a Comment