28 September 2017

Cara Memberi Password pada File Dokumen Word

Program aplikasi wordprocessing yang paling populer dan banyak orang pakai adalah Ms. Office Word. Program ini sebenarnya memiliki fitur proteksi yang banyak orang masih belum tahu, yaitu adalah fitur proteksi password pada file dokumen word.

Untuk keamanan data dan content dari file dokumen word yang kita punya, disarankan untuk memberi password pada file dokumen word kita agar setiap kali membuka file tersebut akan dimintai password terlebih dahulu.

Tingkat keamanannya ada 2 tingkat atau level, yaitu password untuk view/read (melihat/membaca) dan password untuk edit (merubah isi dokumen).

Fitur ini sungguh sangat berguna jika kita mempunyai file dan data yang bersifat rahasia agar tidak sembarang orang dapat membukanya.

Penasaran bagaimana cara mensetting password pada file dokumen word ? yuk kita simak !

1. Buat/buka file dokumen word yang akan kita beri password
2. Kemudian klik File - Save As

3. Klik menu "Tools" (sebelah kiri dari tombol Save) Lalu pilih dan klik "General Options"


4. Pada gambar di atas terdapat 2 tingkat keamanan password yaitu, "Password to Open" dan "Password to Modify". Jika kita ingin memberi password untuk membuka dan mengedit, maka isikan/ketik password pada 2 kolom di atas. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda, saran saya sih, keduanya dipassword, karena tingkat keamanan akan lebih tinggi. Terakhir jangan lupa untuk cetang "read-only recommended" dan klik tombol "Protect Document", kemudian klik "OK"


5. Ketik ulang password yang tadi kamu set untuk konfirmasi. ( seperti pada gambar di atas
6. Selanjutnya akan kembali ke halaman penyimpanan dokumen, dan terakhir klik "Save" untuk menyimpan. dan file dokumen word kita sudah berpassword.

Saat membuka file akan disuruh memasukkan password terlebih dahulu.

Kemudian muncul kembali form isian password untuk melakukan merubahan isi dari file tersebut. Jika hanya ingin melihat dokumen saja, maka klik "Read Only"

Begitulah cara mempasword file dokumen word agar aman dan tidak sembarang orang dapat membuka dan mengeditnya. 

Sekian artikel dan tips tutorial word kali ini, semoga bermanfaat, terima kasih






1 comment:

  1. artikelnya sangat membantu gan ! sekarang aq tau caranya memberi password pada file word

    Thank's Gan !

    ReplyDelete