19 July 2013

Cara Mengatur Indentasi Paragraf pada Word 2010

Assalamualaikum, salam sejahtera bagi kita semua, lama tidak update artikel, lebih dari 6 bulan lamanya hehe, saya pribadi memohon maaf sebesar-besarnya atas terbengkalainya blog tutorial ini, mumpung masih dalam suasana puasa di Bulan Suci Ramadhan. Maklum saja, beberapa bulan ini saya sedang diterpa kesibukan di dunia nyata sehingga semua aktifitas di dunia maya terlupakan hehe ^^

Kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai Indentasi Paragraf pada Office Word 2010, karena sebelumnya saya sudah bahas tentang apa itu Indentasi Paragraf ? pada artikel yang lalu

Baik akan saya mulai, ... simak ya !

Misalnya ni, ada 2 buah paragraf yang akan kita atur indentasi paragrafnya, pada baris pertama di dalam paragraf 1 kita buat menjorok kedalam, ( seperti pada gambar di bawah ini )

 Pada gambar di atas, perhatikan bagian yang di lingkari merah ... 

Lalu, klik First Line Indent ( perhatikan pada lingkaran ), tahan dan geser ke arah kanan sesuai kebutuhan, simple kan, kita telah mengatur Indentasi Paragraf untuk First Line Indent, ini biasa kita sebut sebagai alenia pada paragraf ( bagian yang menjorok kedalam pada paragraf )

Lanjut ...

Misalnya lagi ni, pada paragraf ke 2, saya akan buat paragraf setelah baris pertama akan menjorok ke dalam, begini caranya ... ( perhatikan gambar di bawah ini )

Klik Hanging Indent, lalu tahan dan tarik ke arah kanan sesuai kebutuhan, ( perhatikan dengan seksama  pada lingkaran merah pada gambar di atas ) maka paragraf setelah baris pertama akan menjorok ke dalam. Apa itu Hanging Indent ? bisa Anda klik linknya untuk pencerahan.

Lanjut lagi ...

Left Indent, berfungsi untuk mengatur paragraf sebelah kiri agar menjorok ke dalam, contohnya seperti ini ...

( perhatikan pada gambar di atas ), Klik Left Indent, lalu tahan dan geser ke arah kanan, maka semua baris pada paragraf tersebut akan bergeser ke arah kanan.

Terakhir ...

Right Indent, kebalikan left indent yaitu mengatur paragraf sebelah kanan agar menjorok ke dalam ( ke arah kiri ), untuk lebih jelasnya, lihat contoh gambar di bawah ini ...

Klik Right Indent, tahan lalu geser ke arah kiri sesuai kebutuhan, makan semua baris sebelah kanan dalam paragraf tersebut akan masuk ke dalam ( ke arah kiri )

Bagaimana ? mudah bukan ! lakukan pengaturan Indentasi Paragraf ini dengan cermat dan teliti, semoga Anda juga mampu melakukan pengaturan Indentasi Paragraf ini dengan mudah, semoga hehe...

Sekian dulu dari saya, semoga dalam waktu cepat akan saya bahas lagi mengenai topik yang lain tentang Word, Excel dan PowerPoint.

Terima Kasih ... Semoga Bermanfaat ...

No comments:

Post a Comment